Rabu, 27 April 2011

Pengantar Paradoks


Para ahli Matematika yang biasanya juga ahli filsafat mengatakan bahwa antara benar dan salah terkadang tidak bisa dipisahkan begitu saja, bahwa yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Padahal kebenaran itu merupakan bayang-bayang dari kesalahan dan sebaliknya bahwa kesalahan itu merupakan bayang-bayang dari kebenaran.
Ternyata merekapun terkadang mendapatkan bahwa ada sesuatu yang benar  sekaligus sesuatu itupun juga salah. Nah, hal ini lah yang dimaksudkan dengan Paradoks. Paradoks merupakan suatu situasi yang timbul dari sejumlah premis yang diakui kebenarannya yang bertolak dari suatu pernyataan dan akan tiba pada suatu Kontradiksi.
Paradoks juga di kenal dengan nama antinomi karena melanggar hukum Law of Contradiction. Paradoks biasa digunakan untuk mematahkan argumentasi lawan dengan menempatkannya ke dalam situasi yang sulit dan serba salah.
Contoh simpel dari kontradiksi sebagai berikut:
"Semua Lelaki Adalah Pembohong !"
Mungkin para wanita yang membaca statement itu akan mengiyakannya., dan mungkin para pria yang membacanya hanya akan tersenyum simpul dengan sorot mata tidak bersalah. He..... He.... He.....
Namun, ketika saya yang mengatakan "Semua Lelaki Adalah Pembohong!" pastinya ada sesuatu yang aneh. Mengapa? ? Ada yang tahu?????
Merasa aneh sebab saya seorang lelaki (yang pasti tulent). Sehingga apa yang saya katakan bahwa "Semua Lelaki Adalah Pembohong !" juga merupakan suatu kebohongan. He.... He.... He.....
Jadi, menurut anda, mana yang benar???????
Semua lelaki adalah pembohong atau semua lelaki bukan pembohong?
Silahkan menilai sendiri.
Semoga pengetahuan yang baru saya berikan tadi merupakan hal yang bermanfaat bagi kita semua!
Amien Ya Rabbal A'lamin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar